Friday 9 January 2015

Update Footer Website Anda Secara Dinamis Dengan Javascript dan PHP

Leave a Comment
Biasanya website dinamis selalu mengikuti perkembangan, dan selalu bisa terlihat up to date walaupun tidak di rubah secara manual. Ya bagitulah sifat website dinamis, lebih mudah untuk melakukan perubahan. 
Biasanya tanggal di bagian footer, tepatnya dibagain copyright selalu terisi dengan tahun saat ini. Di akhir tahun ini apakah anda sudah menyiapkan perubahan tahun tersebut untuk footer website anda?
Date Time Year Footer

Jika belum mungkin anda bisa menggunakan script Javascript atau PHP dibawah ini agar penulisan tahun di website anda otomatis berganti ketika memasuki tahun yang baru. Biasanya pemilik website lupa akan hal kecil ini, mereka tidak membuat tahun berganti secara dinamis, dan membuat website seakan terlihat kuno.
Ada beberapa contoh yang bisa anda ikuti, tinggal copy paste saja ke bagian footer website anda.

1. Menggunakan Javascript

Untuk contoh pertama anda bisa menggunakan javascript, dengan javascript bisa di taruh di mana saja di halaman website HTML anda, apapun platform yang anda gunakan anda bisa manaruh script ini untuk menampilkan tahun saat ini.
<script type="text/javascript">
  document.write(new Date().getFullYear());
</script>
Hasil: 2014

2. Menggunakan Javascript 2

Agar lebih menarik anda bisa menambahkan kata-kata pelengkap agar yang tampil bukan hanya tahun saja. Mungkin anda ingin menambahkan copyright, dan lain sebagainya
© 2011<script>new Date().getFullYear()>2010&&document.write("-"+new Date().getFullYear());</script>, Company.
Hasil: © 2010-2014, Company.

3. Menggunakan PHP

Jika anda menggunakan php anda bisa menaruh script berikut dibagian footer website anda, atau jika anda menggunakan CMS seperti wordpress, anda cukup mencari file footer.php di folder theme yang anda gunakan dan paste kode berikut ini.
<?php echo date("Y"); ?>
Hasil: 2014

4. Menggunakan PHP 2

Jika anda ingin menambahkan informasi tambahan seperti kata-kata pelengkap, anda bisa mengikuti cara berikut ini
© <?php 
  $fromYear = 2008; 
  $thisYear = (int)date('Y'); 
  echo $fromYear . (($fromYear != $thisYear) ? '-' . $thisYear : '');?> Company.
Hasil: © 2008-2014 Company.
Itulah beberapa cara agar bagian footer anda selalu up to date dengan penulisan tahun yang otomatis berganti setiap tahun nya.

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan sopan dan bijak